Cara Menghilangkan Tanda “X” pada Baterai Laptop atau Notebook.!!


Bagi yang pernah mengalami masalah icon baterai pada taskbar laptop atau notebook kesayangan tiba-tiba muncul tanda silang baik itu yang ada notifikasinya (consider replacing your battery) ataupun tidak.

Sebenarnya kalian harus paham dulu bahwa fungsi dari notifikasi tersebut seberanya untuk mengingatkan kita sebagai sang empunya barang bahwa baterai laptop tidak normal lagi dan seharusnya perlu untuk diganti. Tetapi biasanya diabaikan kadang dengan dalil masih bisa dipakai dulu, karena masih ada keperluan lain yang lebih penting.

Kadang kala notifikasi ini “consider replacing your battery” tidak selalu benar, pada beberapa laptop Windows atau OS kadang salah mendeteksi dan memunculkan notifikasi “notifikasi consider replacing your battery” ini. Padahal sebanarnya keadaan baterai laptop tidak rusak atau masih normal..

Sebelum kita mengatasi masalah seperti penjelasan diatas, kita wajibnya memastikan dulu apakah baterai yang kita gunakan tersebut masih normal dan tidak perlu diganti atau sudah wajib diganti. Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mencharge baterai tersebut sampai 100% kemudian lepas casnya dan gunakan seperti biasa. Jika baterai tersebut habis dalam waktu yang singkat atau ± 30-40 menit, berarti bisa kita pastikan baterai tersebut sudah tidak normal lagi dan perlu diganti dengan baterai yang baru.

Dan sebaliknya, jika baterai tersebut normal atau jangka waktu bertahanya masih bisa 2-3 jam dan masih muncul tanda “X” berwarna merah, makan kita wajib mengikuti cara untuk menghilangkannya seperti berikut ini.

Cara Menghilangkan Tanda “X” pada Baterai

notifikasi consider replacing your battery

1.    Update Terlebih Dahulu OS yang digunakan

Hal yang perlu kita lakukan pertama-tama adalah dengan mengupdate dulu Windows 7 yang kita pakai, mungkin saja dikarnakan ada Bug = Kutu (istilah dalam Komputer) yang menampilkan notifikasi tanda silang pada baterai Windows 7 karena belum di upadate “Install Service Pack 1” (SP1)

Karen Pada Windows 7 SP1 sudah tersedia menu untuk mematikan notifikasi consider replacing your battery untuk peringatan baterai. Dan cara ini juga sangat gampang yaitu tinggal klik pada lambang baterai lalu hilangkan centang pada “Warn me if my battery may need replacement”. Maka tanda “X” pada baterai tadi akan hilang dan tidak mengganggu kita lagi.

Dengan cara Safe Mode

Cara ini juga diyakini mempu menghilangkan tanda “X” pada beberapa Laptop atau Notebook yang mengalami masalah serupa pada baterai di Windows. Kita bisa mencobanya cara ini dengan  langkah-langkah seperti dibawah ini.
  • Charger baterai Laptop atau Notebook sampai 100% lalu matikan tanpa harus mencabut charger-nya.
  • Hidupkan kembali Laptop atau Notebook sambil tekan F8 pada keyboard beberapa kali sampai muncul tampilan Advanced Boot Options lalu pilih Safe mode. Dengan cara menekan anak panah bawah pada keyboard dan tekan enter.
  • Dan tunggu, jika sudah masuk kedalam tampilan Safe Mode, sekarang cabut charger yang sementara terpasang.
  • Biarlah laptop atau notebook menyala sampai mati sendiri karena baterainya benar-benar habis. Jangan menggunkan laptop atau notebook ketika menyala.
  • Kalau sudah mati, pasang kembali charger laptop atau notebook dan kemudian nyalakan seperti biasanya.
Cara yang kedua ini biasa berhasil membuat Windows  akan mengenali kondisi pada baterai laptop atau notebook yang sesungguhnya.

Ubah Tampilan Baterai bawaan dengan Battery Bar

Cara yang ke 3 ini digunakan Jika semua cara yang diatas sudah dilakukan dan tidak ada hasil, maka kita bisa mengakali dengan cara ini, yaitu mengganti icon notifikasi baterai default di Windows dengan software alternatif seperti Battery Bar Basic dan bisa diunduh secara gratis.
Cara Menggunakan Battery Bar Basic di Windows
  • Download aplikasi Battery Basic lalu setelah terunduh Install 
  • Klik kanan pada system tray
  • Pilih Toolbar
  • Lalu Enable Battery Bar
Itulah cara-cara mengatasi tanda “X” pada baterai di Windows dan cara alternatif lain yang admin tahu untuk tidak memunculkan masalah notifikasi “Consider replacing your battery” dan tanda “X” merah pada laptop atau notebook yang terasa mengganggu.

Cara Menghilangkan Tanda “X” pada Baterai Laptop atau Notebook.!! Cara Menghilangkan Tanda “X” pada Baterai Laptop atau Notebook.!! Reviewed by Obaghi on November 02, 2019 Rating: 5

No comments

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar, diLike dan Sharenya yahhhh.!!!!