Pro dan Kontra Sistem Operasi Komputer

 tuahur


Pro dan Kontra Sistem Operasi Komputer - Sistem operasi adalah otak atau inti dari sebuah komputer. Tanpa adanya sistem operasi, proses input output informasi akan terhambat. Namun, masih banyak orang yang tidak memahami dan tidak peduli dengan sistem operasi yang digunakan di komputernya. 

 

Linux

Sistem Operasi Komputer Linux adalah sistem operasi open source yang memungkinkan pengguna untuk mengubah kode pemrograman dan memodifikasinya sesuai keinginan. Sistem operasi fleksibel ini juga bisa didapatkan secara gratis. Dibandingkan dengan jenis sistem operasi komputer lainnya, Linux cenderung lebih ekonomis. Keunggulan Linux adalah cocok digunakan sebagai server karena stabil.

Tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, serta dapat menginstall berbagai aplikasi atau software. Sistem operasi ini juga sangat mudah digunakan, namun sayangnya belum banyak orang yang menggunakannya. Karena popularitasnya jauh di bawah Mac dan Windows. Kelemahan dari sistem operasi Linux adalah proses instalasinya yang tidak mudah.

Karena tidak banyak perangkat keras yang mendukungnya. Selain itu, pengguna biasa harus membiasakan diri dan belajar lebih keras untuk mengoperasikannya karena Linux memiliki struktur direktori yang membingungkan.

 

Seperti apa Pro dan Kontra Sistem Operasi Komputer?

 

Mac OS

Sistem operasi ini merupakan produk Apple sehingga semua komputer yang dibuat oleh Apple PSTI akan menggunakan sistem operasi Mac OS. Sistem operasi ini adalah yang pertama menggunakan GUI (Graphical User Interface). Mac OS merupakan salah satu sistem operasi yang memiliki tingkat keamanan. Hal yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan sistem operasi lain.

Mac OS juga memiliki grafis yang sangat baik, tidak heran sistem operasi ini akhirnya bisa bersaing dengan Windows. Kekurangan dari Mac OS adalah tidak mendukung komputer berbasis IBM sehingga hanya bisa terkoneksi dengan produk Apple.

 

Amiga

Sistem Operasi Komputer ini sudah ada sejak tahun 35 tahun lalu dengan nama Amiga 1000. Amiga cukup mudah digunakan dan memiliki tampilan yang cukup menari. Namun sayangnya sistem operasi ini belum banyak dikenal karena hanya bisa dioperasikan di komputer Amiga.

Pro dan Kontra Sistem Operasi Komputer Pro dan Kontra Sistem Operasi Komputer Reviewed by Obaghi on October 02, 2020 Rating: 5

2 comments

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar, diLike dan Sharenya yahhhh.!!!!